Langsung ke konten utama

Solusi Menggapai Mimpi Ke Luar Negeri Melalui Sebuah Aplikasi: Halal Traveler

Bagi saya, wajib hukumnya untuk bisa merasakan atmosfer bumi bagian lain, terutama pergi ke negara yang musimnya beda dengan Indonesia. Dulu, ketika awal-awal menjadi mahasiswi, dosen Biopsikologi saya 'mewajibkan' anak didiknya untuk membuat paspor, katanya agar terpacu pergi ke luar negeri. Taunya saya beneran terpacu, saya nyicil mewujudkan mimpi tersebut. Hingga pada April 2018 saya resmi memiliki paspor. Terimakasih pak dosen, atas suntikan motivasinya.


Sebagai pengagum garis keras Sherlock Holmes, saya penasaran sekali ingin mengunjungi rumah museum sang detektif yang beralamat di 221B Baker Street London. Yup, kamu tidak salah baca. Sherlock Holmes The Museum sengaja dibangun di lokasi aslinya untuk mengenang tokoh novel dektektif tersebut.


Lalu saya berpikir bagaimana caranya untuk bisa sampai kesana? NABUNG! Iya, iya. Itumah sudah pasti. Maksudnya, bagaimana caranya agar saya tetap selamat sejahtera sentosa tidak kesasar kesana kemari? Saya segera berselancar di internet, mengunjungi mbah Google, kemudian mencari solusi terkait permasalahan yang sedang dihadapi. Disinilah titik awal saya menemukan jawaban dari kerisauan itu. Ceileh...


Di belantara internet, saya menemukan sebuah situs yang menyediakan paket travel baik ke dalam maupun ke luar negeri. Tidak hanya itu, sebenernya yang membuat kedua mata saya sulit berpaling adalah deskripsi dari situs tersebut, yakni pelopor wisata halal dunia. Widih, penasaran kan?
 


Situs yang saya maksud diatas adalah https://www.cheria-travel.com/. Tanpa ba-bi-bu, saya memutuskan untuk ngubek-ngubek situs travel halal ini. Setelah berhasil ngubek-ngubek, ternyata saya mendapat informasi penting bahwa Cheria Travel memudahkan kita, para pengguna smartphone, untuk dapat mengakses Cheria Travel dengan menyediakan aplikasi Halal Traveler yang dapat diunduh di Playstore.


Berikut tampilan ketika kita berhasil men-download dan mendaftarkan akun. Dipojok kiri atas tertera akun email, sementara dipojok kanan atas tertera simbol lonceng yang berarti notification atau pemberitahuan, kemudian simbol nota dengan lambang uang yang artinya status pemesanan atau pembelian kita. 




Setelah saya pahami, keuntungan yang bisa kita dapatkan dari aplikasi Halal Traveler ini adalah:

1. Jadwal Solat
Aplikasi Halal Traveler dapat menjelma sebagai pengingat waktu solat, sesuai dengan posisi kita berada. Bahkan, bagi saya yang gemar mendaki gunung, aplikasi ini masih relevan. Ketika saya berada di puncak, saya tidak perlu risau lagi mengenai adzan yang tidak terdengar. Selama aplikasi Halal Traveler terinstall, masalah terkendali. Karena ketika waktu solat tiba, smartphone kita akan mengeluarkan suara adzan. Begitu halnya ketika sedang berlibur ke negara-negara yang muslimnya minoritas, say no to panik-gundah-gelisah.




2.Kiblat
Bagi saya yang buta arah, aplikasi Halal Traveler sangat berguna dalam memudahkan hari-hari yang saya jalani. Misalnya, ketika singgah di suatu kota, atau bahkan main ke kos teman. Dengan adanya aplikasi Halal Traveler, tidak akan terjadi lagi drama salah arah kiblat seperti yang sudah-sudah, hehe. 


3. Masjid 
Lagi, dan lagi. Aplikasi Halal Traveler tidak hanya bermanfaat ketika kita sedang berlibur. Namun, aplikasi ini dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Saya jadi pingin ketemu sama orang yang bikin aplikasi Halal Traveler dan bilang terimakasih, uhuk. 

Saya numpang cerita ya. Jadi, saya sering tuh kumpul sama teman di rumah makan yang tidak menyediakan tempat solat. Biasanya, ketika waktu solat tiba, saya bertanya ke karyawan atau abang parkir mengenai masjid terdekat. Tapi, dengan hadirnya aplikasi Halal Traveler, sekali klik, saya mendapat banyak referensi yang terkait.





4. Restoran Halal
Menurut Piramida Maslow, kebutuhan paling dasar manusia adalah Psysiological Needs atau kebutuhan untuk mempertahankan hidup secara fisik, seperti kebutuhan akan makanan dan minuman. Mentang-mentang kuliah jurusan Psikologi, jadi bawa-bawa om Maslow. Kemudian, sebagai seorang muslim yang senantiasa mencoba taat, kita dituntut untuk memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita. Apakah halal, atau haram? Karena sejatinya seorang muslim harus makan makanan yang halalan thoyyiban. Efek kuliah di UIN.

Tentunya ketika kita honeymoon bepergian ke luar negeri, hal ini menjadi persoalan yang agak pelik, karena mayoritas penduduk luar negeri tidak menganut agama Islam, sehingga komposisi makanan dan minuman yang mereka olah banyak mengandung anggur atau babi. Oleh sebab itu, aplikasi Halal Traveler dapat menjadi jawaban jitu.



5.  Tujuan Wisata
Ini nih yang saya cari-cari. Sebelumnya saya sudah bercerita bahwa salah satu mimpi saya adalah mengunjungi kediaman Mas Sherlock Holmes di London. Gayung bersambut, aplikasi Halal Traveler menyediakan paket 10D7N Favorite Great Britain, dengan estimasi keberangkatan November 2019. WOW, WOW, WOW. Jika memilih paket ini, bukan hanya dapat menginjakkan kaki di London, saya sekaligus dapat merasakan sensasi kota Manchester, Liverpool, Glasgow, Inverness, Edinburgh, dan Bicester. Kalau boleh mengutip pepatah yang saya dengar sewaktu SD, ini seperti sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Berdasarkan itenerary, Day 01 ialah pemberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Manchester. Day 02, di Manchester kita akan mengunjungi atau melewati Manchester Town Hall, Manchester Cathedral, Opera House, Refuge Assurance Building dan Gorton Monastery. Kita akan berkesempatan untuk melaksanakan solat Dzuhur di Manchester Central Mosque sekaligus mengunjungi Islamic Cultur. Perjalanan dilanjutkan ke kota Liverpool untuk mengunjungi atau melewati Liverpool Cathedral, Royal Liver Building, Cunard Building dan Victoria Secret. Menjelang malam, Cheria Travel memberi pelayanan makan malam dan check-in hotel. Day 03, sarapan pagi dan lunch di Liverpool, lalu melanjutkan perjalanan ke kota Glasgow untuk mengunjungi atau melewati Tolbooth Steeple, Clyde Arc, Cineworld, University of Glasgow yang sebelumnya haya saya ketahui melalui situs-situs yang membahas tentang beasiswa perkuliahan, City Chambers dan terakhir kita bisa menghabiskan waktu di Gerogian Square dan menutup hari dengan makan malam serta istirahat di hotel. Day 04, Sarapan pagi di Glasgow lalu makan siang di Drumnadrochit. Kemudian mengunjungi Urquhart Castle, peninggalan bersejarah di Skotlandia, uwuwuwu... Tidak berhenti sampai disitu, karena perjalanan masih berlanjut ke kota Inverness untuk mengunjungi Inverness Castle, St. Andrews Cathedral, Greig Street Bridge, dan St. Mary Catholic Church. Seperti biasa, hari ditutup dengan makan malam dan istirahat di hotel. Day 05, Setelah sarapan pagi, kita diarahkan menuju Stonehaven untuk photo stop di depan Dunnotar Castle yang merupakan reruntuhan benteng abad ke 15. Lalu makan siang dan melanjutkan perjalanan ke Edinburgh untuk free time shopping. Setelah kenyang belanja, saatnya makan malam dan istirahat di hotel. Day 06, melakukan city tour di Edinburgh dengan mengunjungi atau melewati St. Giles Cathedral, Edinburgh University, National Galery, Holyrood Palace dan Carlton Hill. Setelah makan siang kita melanjutkan perjalanan ke York, makan malam, dan istirahat di hotel. Day 07, Perjalanan hari ini menuju Bicester Village Outlet, tempat belanja barang-barang branded dengan harga miring alias murce, murah cekali. Setelah puas berbelanja, perjalanan dilanjutkan menuju London untuk makan malam dan istirahat di hotel, seperti biasa. Day 08, setelah sarapan pagi, petualangan akan dilanjutkan menuju Stonehenge, tumpukan batu yang diperkirakan dibangun pada zaman Neolitikum. Lalu menuju London Central Mosque, makan malam, kemudian istirahat di hotel. Day 09, Hari terakhir di London akan dihabiskan dengan mengunjungi atau melewati tempat-tempat yang menjadi landmark kota London. Seperti Westminster Abbey, Big Ben, London Eye, dan Tower Bridge. Saya juga tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengunjungi alamat 221B Baker Street #TETEP. Sore harinya akan diantar oleh pihak Cheria Travel menuju London Heatrow Airport untuk kembali ke tanah air. Day 10, tiba di Jakarta. 

Selain paket 10D7N Favorite Great Britain November 2019 dengan biaya USD 2,809, aplikasi Halal Traveler menyediakan banyak paket lainnya, seperti:
1. 10D7N Eropa Barat + Colmar (September - Oktober 2019) dengan biaya USD 1,635.

 Mengenakan pakaian tradisional nelayan Belanda, sumber https://www.cheria-travel.com/

2. 8D7N Rainbow Mountain Special Liburan Inner Mongol dengan biaya Rp. 13,550,000.



Peserta sangat antusias dan cheria mengikuti promo inner Mongolia, sumber https://www.cheria-travel.com/


3. 6D4N Kanto Tokyo Special dengan biaya Rp. 20,550,000.
Travelling seru bersasama Cheria Travel, sumber https://www.cheria-travel.com/

4. 6D4N Gogo Kansai Japan dengan biaya Rp. 18,650,000.



Camii Mosque Japan, sumber https://www.cheria-travel.com/



5. 7D5N Seoul - Jeju - Nami Island Tour - Han River Park dengan biaya USD 1,007.



Paket tour muslim Korea Selatan tahun 2019, sumber https://www.cheria-travel.com/



6. 7D5N Seoul - Jeju - Nami Island Tour Ecoland Theme Park - Han River Park dengan biaya USD 1,199.

 Festival Tradisional Korea Selatan, sumber https://www.cheria-travel.com/

7. 10D9N Turkey Series in Auntumn Season (September - Oktober - November 2019) dengan biaya USD 1,474.

 Danau air asin di Ankara, sumber https://www.cheria-travel.com/

8. 10D7N West Europe - Mt. Rigi Desember 2019 dengan biaya USD 2,640.

Milan Cathedral, sumber https://www.cheria-travel.com/ 
9. 15D13N East Coast - French - Canada dengan biaya USD 3,240.



Sungai Seine, sumber https://www.cheria-travel.com/



10. 12D9N Umroh plus Turki dengan biaya 35,000,000.

 Jamaah Umroh plus Turki tahun 2018, sumber https://www.cheria-travel.com/

11. 10D9N Spesial 3 negara Qatar - Jordan - Jerusalem dengan biaya USD 2,299.





12. 11D9N Napak tilas Cairo - Aqsho - Amman USD 2,040.

 Liburan bersama Cheria Travel tahun 2018, sumber https://www.cheria-travel.com/



GIMANAAAAAAA? Udah berhasil bikin ngiler, kan?

6. Request Tour 
Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi Halal Traveler adalah tersedianya menu request tour, yang artinya kita dapat memilih tujuan lainnya di luar paket default yang Cheria Travel tawarkan. Nah, selain mengunjungi museum Sherlock Holmes, cita-cita saya yang lainnya adalah melihat secara langsung Aurora Borealis di Norwegia. Bahkan secara sengaja membeli peta dunia, kemudian menempelkannya di dinding kamar dan saya pandang-pandangi setiap hari. Biasanya saya usap-usap negara yang ingin saya kunjungi sembari dishalawatin, semoga kalo tabungannya udah cukup, saya bisa beneran kesana, tentunya menggunakan jasa Cheria Travel melalui menu request tour ini. Mohon diamiiinkan saudara-saudara... Oiya, kita juga memiliki kebebasan untuk menentukan itinerary sendiri, lho. LUAR BIASA, bukan?





Berikut ini beberapa testimoni terkait wisata halal bersama Cheria Travel:

"Cheria Holiday Tour itu, well organize. Guidenya sangat menguasai medan, sangat informatif, dan semua ini memang sudah menjadi kehendak Allah SWT."


"Liburan sama Cheria oke banget, seru banget, terus leadernya juga baik banget. Terus fasilitasnya oke, semuanya oke deh pokoknya. Makanannya oke banget yang halal, dan masuk ke mulut kita."




Bagaimana saudara-saudaraku sekalian? Apakah keinginan untuk dapat berkeliling dunia semakin bergejolak? Jika iya, mari kita bergandengan tangan dan menggencarkan budaya menabung. LALU menginjakkan kaki di tempat yang benar-benar baru, bersama Cheria Travel. 


Informasi seputar Cheria Travel bersumber dari:
1. https://www.cheria-travel.com/
2. Aplikasi Halal Traveler yang diunduh melalui Playstore
3. https://www.youtube.com/



Komentar

  1. Seriusan ada aplikasi macam itu??😂
    Bisa lengkap gitu yaa
    Cus install dududu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wawww menarik sekali ada aplikasi seperti ini, segera install kalau banyak manfaatnya seperti ini, tidak perlu khawatir tetang banyak hal ketika bisa traveling ke luar negeri nantinya. Terimakasih banyak atas informasinya 👍👍

      Hapus
  2. Waowwwww aplikasinyaaa kerennn ihhhh cusss install trss cusss jelong2 eyyyyy

    BalasHapus
  3. Baru tahu kalau ada aplikasi kek gini, makin mudah buat kmnkmna..

    BalasHapus
  4. Uwoooow.. nabung dari sekarang juga niiiiiih. Cuzzzzz

    BalasHapus
  5. Alhamdulillaaah, akhirnya bisa dapet informasi yg bisa meyakinkan aku untuk pergi ke luar negeri dengan mudah. Solusinya pake aplikasi halal traveler.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillaaah, akhirnya bisa dapet informasi yg bisa meyakinkan aku untuk pergi ke luar negeri dengan mudah. Solusinya pake aplikasi halal traveler.

    BalasHapus
  7. Keren app nya, kalo jalan jalan keluar negri gausah ribet yakkk. Mantap lah!

    BalasHapus
  8. Kyaknya harus kasi tau orang orang tentang aplikasi ini deh biar kalo ke luar negeri bisa lebih mudah karena dpt info info dari aplikasi ini. Cakep baget sii mantap ternyataa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Ekowisata dalam Mendukung Konservasi di Tanah Papua

Ada sebuah pertanyaan menarik yang beberapa hari ini saya jumpai di platform sosial media, baik Instagram maupun Twitter. “Apa yang akan kamu lakukan pertama kali saat karantina ini usai?” Saya mantap menjawab liburan. Saya ingin menghadiahkan perasaan rileks pada diri sendiri. Sebab, jujur saja, pandemi corona ini menyumbang emosi-emosi negatif terhadap psikis saya. Lantas, terlintaslah sebuah ide. Mengapa saya tidak sekalian saja berlibur ke ujung timur Indonesia, Papua? Mengingat predikat yang disandangnya sebagai paru-paru dunia. Sungguh, Papua adalah destinasi yang tepat guna memulihkan diri dari belenggu emosi. Papua, Destinasi Wisata Hijau Seketika terbayang semilir angin yang sedikit malu, menyelinap diam-diam menyejukkan kalbu. Menerpa rerumputan yang terhampar luas sejauh pandangan, bergesekan, menenangkan. Mengundang burung Cendrawasih untuk ikut bergoyang, di bawah rona jingga senja yang membayang. Haduh, haduh. Mendadak puitis begini, tersihi

Berkat Insto Dry Eyes, Gejala Mata Kering Lewat.

Beberapa tahun silam, ketika masih menjadi anak sekolahan, guru bahasa Indonesia menginstruksikan kami—saya dan teman sekelas—untuk membuat sebuah surat. Saya lupa tepatnya, apakah surat lamaran kerja atau surat cinta lainnya. Saya hanya mengingat dengan jelas momen menuliskan identitas pribadi, yakni sebagai seorang psikolog. Ternyata, Allah mengabulkan tulisan tidak sengaja tersebut dengan memberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di program studi Psikologi. Mohon do’anya supaya skripsi saya segera acc, ya. Bagi seorang psikolog, mata merupakan tool yang wajib dimiliki. Bagaimana tidak? Misalnya, ketika sedang menangani klien, psikolog harus teliti memperhatikan berbagai ekspresi yang ditunjukkan. Bahkan di dunia psikologi, mikro ekspresi yang hanya berlangsung sepersekian detik saja tidak boleh luput dari perhatian. Selain ekspresi, gerak-gerik klien juga penting untuk diamati. Kenapa? Karena ekspresi dan gerak-gerik adalah manifestasi dari alam bawah sadarnya.