Langsung ke konten utama

PENGEN JUALANMU UNTUNG GA TANGGUNG-TANGGUNG? YUK, KEPOIN BLIBLI SELLER APP PUNYANYA BLIBLI.COM





Nampaknya, umat manusia diseluruh penjuru dunia sedang tidak baik-baik saja. Wabah virus corona dengan cepat kilat memorak-porandakan elemen penting suatu negara, yakni kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Yang imbasnya secara langsung dirasakan oleh masyarakat.

Di bidang kesehatan, setiap harinya kita disuguhkan berita duka; kehilangan sanak saudara, gugurnya pada tenaga medis, dan meningkatnya korban yang positif COVID-19.

Sedangkan, di bidang pendidikan, anak-anak usia sekolah serta mahasiswa—seperti saya, terpaksa harus belajar dari rumah. Bahkan, UN untuk SD, SMP dan SMA resmi ditiadakan.

Dampak nyata dari adanya pandemi corona juga sangat terasa di bidang ekonomi. Jika hari-hari biasa babang ojol sibuk hilir mudik mengangkut penumpang, maka di masa-masa pandemik ini, mencari satu penumpang saja susahnya minta ampun. Hal ini disebabkan oleh adanya himbauan untuk social distancing yang berujung pada digalakkannya WFH (Work From Home) alias #DiRumahAja.

Selain babang ojol, merosotnya pendapatan juga dirasakan oleh para pemilik toko, kios, ruko, maupun lapak. Oleh karenanya, perlu dicari solusi jitu guna mengatasi hal ini, supaya JUALAN UNTUNG GA TANGGUNG-TANGGUNG. Sehingga cicilan motor dan KPR rumah bisa tetap dibayar tepat waktu. JIAKH..

Eits, tenaaaaaang...
Buat babang ojol yang berniat banting stir ke usaha lain (misalnya punya suatu hobi yang ingin ditekuni sehingga menghasilkan pundi-pundi).
Buat para pemilik toko yang mau tetap survive.
Buat saya sendiri, mahasiswi tingkat akhir yang ingin segera mandiri secara finansial. CIEH..
Kita ngga harus bertapa 40 hari 40 malam untuk menemukan solusinya.

Sebab, jawaban atas keresahan tersebut sangat mudah dan dekat dari jangkauan kita. Cukup modal ponsel pintar dan kuota internet, maka simsalabim, Blibli.com siap menjadi wadah online untuk berjualan.
Dijamin, dengan situasi dunia yang sekarang, konsumen akan memilih untuk belanja online daripada pergi ke luar rumah.

Dan, sudah terbukti, saya melihat sendiri bagaimana antusiasnya teman-teman saya dalam melakukan pembelian produk melalui toko online. Sesimpel membeli masker dan hand sanitizer.

Caranya Gimana, Nih?
Untuk dapat bergabung bersama Blibli.com sebagai seller adalah dengan membuka laman Merchant Tool Application. Disini, kita akan menjumpai 3 langkah mudah.
Langkah pertama, pengisian identitas diri seperti nama, email, password.




Langkah kedua, pengisian identitas toko, seperti nama toko, kategori produk, alamat toko.


Langkah ketiga, pengisian mengenai peradministrasian, seperti nama bank yang hendak kita gunakan untuk bertransaksi dan nomor NPWP. Selesai. Mudah, bukan?



Mengelola Toko Online dengan Blibli Seller App
Jika konsumen menggunakan aplikasi Blibli-Online Mall untuk berbelanja online, maka Blibli.com juga menyediakan satu aplikasi khusus untuk para seller, yakni Blibli Seller App. Aplikasi ini dapat memberitahukan secara langsung mengenai aktifitas toko, cek pemesanan, rating toko, upload produk, sampai analisa penjualan. OYAA, segala pertanyaan konsumen dapat kita respon melalui fitur Product Discussion. Pokoknya paket lengkap, deh!

Seperti halnya aplikasi Blibli-Online Mall, Blibli Seller App juga dapat diunduh melalui play store maupun app store.





Keunggulan Blibli Seller App
Salah satu keunggulan Blibli Seller App ialah tersedianya Merchant Analytics yang bermanfaat untuk mengukur sejauh mana performa toko kita. Analisis ini berperan penting dalam evaluasi yang kita lakukan, sehingga kita dapat menentukan langkah tepat guna meningkatkan performa toko.

Cukup klik menu Dashboard, maka fitur Merchant Analytics dapat kita temukan. Merchant Analytics memuat laporan penjualan harian, mingguan, bahkan bulanan. Pokoknya pekerjaan kita dipermudah banget. Ngga akan ada yang namanya burnout (stress karena pekerjaan) nyangkut dipsikis kita.

Gimana, menarik banget kan?
Dan, ternyata, masih ada kejutan lain yang dimiliki oleh fitur Merchant Analytics, yaitu kita dapat mengetahui berapa jumlah kompetitor yang menjajakan produk sama seperti kita. Lebih dahsyatnya lagi, kita juga dapat mengetahui produk apa yang tengah laris dan ramai dibicarakan di pasaran, plus kata kunci apa yang paling sering dicari oleh konsumen. 


Kenapa harus Blibli.com?
Sebagai pemula, tentunya kita diliputi perasaan takut dan bimbang dalam memilih e-commerce yang tepat. Namun, hapus semua keraguan itu karena Blibli akan menghujanimu dengan berbagai keuntungan dalam berjualan.
1.   Dipercaya Brand Ternama
Prestasi Blibli.com dalam dunia e-commerce tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, konsistensinya dalam menjaga kualitas serta kepuasan semua pihak membuahkan hasil. Terhitung sejak 2016 silam, brand ternama baik dari skala nasional maupun internasional sepakat untuk bekerja sama. Misalnya, dalam bidang otomotif, brand seperti BMW, Renault hingga Ducati sudah memasarkan produk-produknya di Blibli.com. WOW!

2. Asuransi Produk 100%
Berjualan di Blibli.com memanglah dinaungi limpahan berkah. Bahkan, keberkahan ini juga dirasakan oleh konsumen. Sebab, proses jual beli di Blibli.com terjamin keamanannya. Blibli.com sendiri melakukan kerja sama dengan partner logistik terpercaya. Semisal pun pahitnya terjadi kendala atau kesalahan, kita selaku penjual tidak akan menanggung kerugian. Selain itu, Blibli.com sangat terbuka, pihak konsumen dapat melakukan pengaduan 24/7.


3. Gratis Ongkos Kirim
Tersedianya fasilitas berupa gratis ongkos kirim sungguhlah melegakan. Sebab, selaku penjual, kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Disisi lain, konsumen pun semakin diuntungkan. Dan, layanan ini berlaku bagi seluruh Indonesia. 


      4.  Gratis Packaging
Selain gratis ongkos kirim, Blibli.com juga meniadakan biaya pengemasan. Hal ini tentu saja menguntungkan kita selaku seller. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk masalah kemas-mengemas produk. Walaupun gratis, Blibli.com tetap memberikan pelayanan yang maksimal. Bahkan, makanan beku sekalipun memiliki standar pengemasannya tersendiri. AJIB POKOKNYA!
   
      5. Free Marketing Exposure
Fasilitas yang satu ini sudah terbukti khasiatnya. Mau bukti? Yaudah, yuk simak bareng-bareng penuturan dari Bapak Hanafi. Beliau bercerita, sejak bergabung bersama Blibli.com, trafficnya meningkat hingga 3.000%. UWOWWW~ 



Cerita lain hadir dari Pak Jo. Beliau merasakan manfaat yang aduhai indahnya sejak bergabung bersama Blibli.com, omzetnya naik 20 – 30% dan pendistribusian produknya tidak hanya di Jabodetabek lagi, melainkan sudah sampai ke Papua.



      6. Pelayanan Merchant Care
Segala jenis permasalahan, pertanyaan, maupun keluhan kita dapat disampaikan ke pihak Blibli.com melalui layanan merchant care. Kita dapat memilih opsi telepon ke 021-57977777 atau melalui email ke merchant.care@blibli.com. Fasilitas ini berlaku pada hari Senin – Sabtu, 08.00 – 22.00 WIB.



Keuntungan Lain..
Keseriusan Blibli dalam mendukung para seller tidaklah main-main. Hal ini dibuktikan melalui program Blibli University yang dapat digunakan sebagai sarana belajar. Program ini dilengkapi dengan artikel dan video pembelajaran secara online.

Yuk, intip sebentar salah satu video pembelajarannya!



Selain itu, terdapat juga Komunitas Blibli Seller yang dapat digunakan untuk diskusi antar penjual, sehingga harapannya dapat saling bertukar informasi mengenai tips dan trik dalam berjualan.




Gimana? Apakah sudah merasa takjub, tercerahkan, dan ingin segera daftar?
Yuk, Cuss!
Big Choices, Big Deals!


Sumber tulisan :
Ide pribadi
·          
Sumber gambar dan video
·          
Infografis :
·      Oleh Fauziah Putri Pradani, diolah dengan menggunakan Adobe Photoshop 

Disclaimer :  
Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blibli Jualan Untung Ga Tanggung-Tanggung Edisi Maret 2020

Komentar

  1. Uchiha menarik sekali terimakasih informasinya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, terimakasih sudah berkunjung. Sip, sama2 kak. ☺️

      Hapus
  2. Cie, mulai produktif kembali. Semangat ya, stay safe! Kutunggu postingan2 bermanfaat lainnya πŸ₯³

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dongggg, wajib semangat hehe. Terimakasih! ✨

      Hapus
  3. Semangat berkarya dan berbagi teteh. πŸ‘

    BalasHapus
  4. Nice info mbak, sangat berguna terutama bagi pemula yg berkeinginan terjun ke dunia bisnis πŸ‘Œ

    BalasHapus
  5. Sangat bagus sekali:)), semangat untuk berkarya nya

    BalasHapus
  6. Tempat jualan yang recommended banget. Kebetulan saudaraku pembuat pakaian dan aku berniat jdi marketingnya. Eh ada blibli.com makasih aku coba. Tapi bisa gk sih kalau buat jualan pakaian? 😁

    BalasHapus
  7. Wahh.. menarik ni teh. Makasihh ya infonya..
    Memudahkan para pedagang onlen dehh apalagi di situasi lg kyak ginii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 adel. Iya betul banget, skrg konsumen apa2 belinya lewat online. Apalagi sejak adanya pandemi ini.

      Hapus
  8. Wahhh bermanfaat banget infonya, bisa dicoba buat aku ngembangin bisnisnya. Makasihh yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woah, senangnyaaa. Nanti kalau udah launching produknya kabar2 ya. ☺️

      Hapus
    2. Iya Wand ditunggu produknya lho uwuwu

      Hapus
  9. Terima kasih infonya kaaa,terus berkarya hhhhe,semangat 45πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  10. Setelah baca blog ini jadi tercerahkan banget sih
    Makasih kakak sudah share informasinya
    Oya, semoga menang kompetisinya ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik, sama2 kak. Aaamiiin, terimakasih ya. ☺️

      Hapus
  11. Tjakeeeppp boss queee, lanjutkan.... Hehe

    BalasHapus
  12. Bner bner tajam skali dlam pnyampaianny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan mampir. πŸ™

      Hapus
  13. Sepertinya saya harus mulai banting stir ke dagang cilok online nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisha mas, ciloknya dibekuin. Lg musim kan makanan2 frozen gt. πŸ‘Œ

      Hapus
  14. Detail kali penjelasannya, suka. Semangat Uput ditunggu info² lainnya..

    BalasHapus
  15. Wah, Bermanfaat sekali Infonya... Termiakasi... Tetap semangat berkarya! πŸ‘

    BalasHapus
  16. Penjelasan secara detail sangat membantu kami yg akan memulai bisnis online, Aku mau cobaa buat bantu usaha bapak ku, semoga berhasil ;) terimakasih, sukses selalu buat org yg selalu berusahaπŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren. Semangat ya, semoga lancar. Aamiiin, aamiiin.. ☺️

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Ekowisata dalam Mendukung Konservasi di Tanah Papua

Ada sebuah pertanyaan menarik yang beberapa hari ini saya jumpai di platform sosial media, baik Instagram maupun Twitter. “Apa yang akan kamu lakukan pertama kali saat karantina ini usai?” Saya mantap menjawab liburan. Saya ingin menghadiahkan perasaan rileks pada diri sendiri. Sebab, jujur saja, pandemi corona ini menyumbang emosi-emosi negatif terhadap psikis saya. Lantas, terlintaslah sebuah ide. Mengapa saya tidak sekalian saja berlibur ke ujung timur Indonesia, Papua? Mengingat predikat yang disandangnya sebagai paru-paru dunia. Sungguh, Papua adalah destinasi yang tepat guna memulihkan diri dari belenggu emosi. Papua, Destinasi Wisata Hijau Seketika terbayang semilir angin yang sedikit malu, menyelinap diam-diam menyejukkan kalbu. Menerpa rerumputan yang terhampar luas sejauh pandangan, bergesekan, menenangkan. Mengundang burung Cendrawasih untuk ikut bergoyang, di bawah rona jingga senja yang membayang. Haduh, haduh. Mendadak puitis begini, tersihi

Berkat Insto Dry Eyes, Gejala Mata Kering Lewat.

Beberapa tahun silam, ketika masih menjadi anak sekolahan, guru bahasa Indonesia menginstruksikan kami—saya dan teman sekelas—untuk membuat sebuah surat. Saya lupa tepatnya, apakah surat lamaran kerja atau surat cinta lainnya. Saya hanya mengingat dengan jelas momen menuliskan identitas pribadi, yakni sebagai seorang psikolog. Ternyata, Allah mengabulkan tulisan tidak sengaja tersebut dengan memberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di program studi Psikologi. Mohon do’anya supaya skripsi saya segera acc, ya. Bagi seorang psikolog, mata merupakan tool yang wajib dimiliki. Bagaimana tidak? Misalnya, ketika sedang menangani klien, psikolog harus teliti memperhatikan berbagai ekspresi yang ditunjukkan. Bahkan di dunia psikologi, mikro ekspresi yang hanya berlangsung sepersekian detik saja tidak boleh luput dari perhatian. Selain ekspresi, gerak-gerik klien juga penting untuk diamati. Kenapa? Karena ekspresi dan gerak-gerik adalah manifestasi dari alam bawah sadarnya. 

Solusi Menggapai Mimpi Ke Luar Negeri Melalui Sebuah Aplikasi: Halal Traveler

Bagi saya, wajib hukumnya untuk bisa merasakan atmosfer bumi bagian lain, terutama pergi ke negara yang musimnya beda dengan Indonesia. Dulu, ketika awal-awal menjadi mahasiswi, dosen Biopsikologi saya 'mewajibkan' anak didiknya untuk membuat paspor, katanya agar terpacu pergi ke luar negeri. Taunya saya beneran terpacu, saya nyicil mewujudkan mimpi tersebut. Hingga pada April 2018 saya resmi memiliki paspor. Terimakasih pak dosen, atas suntikan motivasinya. Sebagai pengagum garis keras Sherlock Holmes, saya penasaran sekali ingin mengunjungi rumah museum sang detektif yang beralamat di 221B Baker Street London. Yup , kamu tidak salah baca. Sherlock Holmes The Museum sengaja dibangun di lokasi aslinya untuk mengenang tokoh novel dektektif tersebut. Lalu saya berpikir bagaimana caranya un tuk bisa sampai kesana? NABUNG! Iya, iya. Itumah sudah pasti. Maksudnya, bagaimana caranya ag ar saya tetap selamat sejahtera sentosa tidak kesasar kesana kemari? Saya segera b